RAS dan PANDANGAN POLITIK

Oleh: Wayai Deto*)




RAS 100%

RAS memunyai banyak pengertian (definisi). Kalau dilihat dari perhuruf RAS yaitu Rantaian Asli Sejenis.
Rantaian artinya dari awal hingga akhir itu berantai (secara terun-temurun / sambung rasa / estafet). Asli artinya memang benar-benar nyata tanpa kombinasi dan rekayasa.

Dan, Sejenis artinya sama-sama (satu dan yang lainnya sama) dari sisi fisik (pada umumnya) itu seragam.

Pengertian RAS

Oleh para pakar Ras Manusia disebut karakteristik luar yang diturunkan secara genetik dan membedakan satu kelompok dari kelompok lainnya.
Secara tradisional oleh para pakar dibedakan ada tiga ras utama yaitu:
• Ras Kulit Hitam
• Ras Kulit Putih
• Ras Kulit Kuning

Namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata pembagian ras manusia dapat dikategorikan secara lebih rinci lagi menjadi:
• Ras Khoisan (orang Bushmen atau Hottentot dari Afrika Selatan)
• Ras Australoid (orang Dravida, orang Asia Tenggara "Asli", orang Papua, dan orang Australia)
• Ras Negroid (Kulit Hitam)
• Ras Kaukasoid (Kulit Putih)
• Ras Mongoloid (Kulit Putih)

Tanya Jawab Mengenai RAS
Apakah Ras asli orang Indonesia?

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
rokfrik:
China..... nenek moyang kita turunan Yunan Selatan dari dataran China

van Ophujsen:
Wah, bergantung orang Indonesia dari daerah mana dulu mas..

Kalo orang sumatera dan Jawa (semua jawa ya!) emang termasuk ras melayu tua alias Proto melayu, tapi untuk orang Sulawesi (terutama Sulawesi Utara dan Tengah, dan sebagian besar Sulawesi Selatan dan Barat), itu rasnya VEDDOID, satu keturunan dengan orang Filipina. Trus, orang Papua dan Ambon dan orang Timor Leste (keturunannya).. nah ini mah udah jelas beda yah. Mereka dinamakan ras Melanesia.

Ridho Habi P:
yang aku tau ras asli orang indonesia itu suku melayu, karena bahasa indonesia saja diambil dari bahasa melayu.

Dan masih banyak lagi. nanti coba telusuri di google/RAS/Yahoo! Answers - Apakah Ras asli orang Indonesia?
semua ada di situ.

Salah Satu Contoh

Kemarin, Rabu (06-01/10) Pukul 19.00 WJ di TV channel (program TV) RCTI acaranya adalah pertandingan Sepak Bola antara Oman dan Indonesia. Yang sebelumnya bermain di Kandangnya Oman dengan skor imbang kaca mata (0-0).

Kini, pertandingan Rabu kemarin dengan skor Oman unggul 2-1 atas tim tuan rumah Merah Putih (Indonesia). Hasil itu membuat banyak penonton sangat puas. Apalagi, penonton dari Papua.

Karena, RAS. Dan juga, ada seorang penonton WNI karena rasa kecewanya. Ia memasuki lapangan hijau dan merampas bola lalu menggiring serta menendangnya ke arah gayang Oman. Untungnya saat itu pertandingan telah usai. Karena jikalau tidak, akan sangat memalukan.

Berbicara mengenai RAS, Oman Negaranya yang orang-orangnya berambut kriting, dan berkulit hitam. Walaupun, Agamnya Mayoritas Islam menunjukkan bahwa itu adalah Papua. Sedangkan Indonesia, Negara yang orang-orangnya berambut lurus, dan berkulit putih, serta mayoritas Agama Islam menunjukkan bahwa itu BERTOLAK BELAKANG dengan Papua. “Papua BUKAN seperti itu.”


PANDANGAN POLITIK


Berbicara mengenai Politik itu sudah dan terus ada (tidak asing lagi bagi kita semua). Banyak media yang membahas tentang Politk. Entah itu, media Cetak maupun Media Elektronik. Untuk menambah wawasan anda, silahkan cari saja lewat media elektronik (Internet).

Jadi, penulis ingin bicara di sini mengenai pertandingan antara Oman dan Indonesia, Rabu kemarin. Bagi siapa yang telah menontonnya, mari kita lihat kembali! Dan yang belum menonton, semoga ini sebagai pikiran baru untuk anda berpikir dan sebagai pegangan.

Sewaktu berkompitisi di Oman itu, Pemain asal Papua atau Pemain yang dari Persipura Papua tidak diikutkan berlaga di sana. Tetapi, saat pertandingan kemari hari Rabu Pemain asal Papua ikut bermain di sana, Boas (nomor punggung 7) dari Persipura Papua dan Kristian Worabay dari Sriwijaya FC.

Sebagai apakah mereka (posisi)?
Boas Posisinya sebagai Penyerang dan Kristian sebagai Sayap Kanan.
Boas bukan hanya bermain di posisi penyerang, kalau kita melihat pertandingan rabu kemarin. Ia, bermain juga di posisi Pertahanan Kiri Indonesia, Sayap Kiri Indonesia, dan sebagai Center juga.

Ada apa ini?
Jika kita melihat, Boas sedang diperalat dan hanya mau menutup pandangan Orang Papua terhadap Pemerintah Indonesia kalau di sini tidak ada rasa RAS.
Walaupun demikian, kita juga sudah tahu bahwa para rekan-rekannya Boas tidak bisa bekerja sama dengan Boas.

Sehingga, posisinya Boas yang penyerang dianggapnya Patung dan tidak memberikan bola pada Boas. Akhirnya Boas menentukan untuk bantu di Pertahanan Kiri Indonesia, Sayap Kiri Indonesia, dan sebagai Center. Dengan kata lain Boas diperalat demi nama baik Kolonialisme (Indonesia / Penjajah).

Hal di atas adalah sebuah gambaran di mana menuntut kita agar mengetahui Posisi kita yang sebenarnya, pandangan kita yang sebenarnya, pemikiran kita yang sebenarnya, dan sasaran (tujuan) pergerakan kita yang sebenarnya.

Jadi, kita HARUS ketahui yang baik buat anak cucu kita kedepan bagaimana.
Saya perlu lakukan apa di Tanah air saya supaya ada benih-benih jiwa yang mengangkat HARGA DIRI saya sebagai Orang Papua.

Bahan Renungan:

Posisi saya saat ini sudahkah tepat?
Apakah pandangan saya sudah benar?
Apakah pemikiran saya sudah benar?
Apakah sasaran (tujuan) dari pergerakan saya tepat?
Dengan apa yang saya miliki, sudah sejauh manakah yang saya lakukan demi Tanah Air saya (Papua)?
Saya perlu lakukan apa di Tanah air saya supaya ada benih-benih jiwa yang mengangkat HARGA DIRI saya sebagai Orang Papua?


Ini sebagai bahan renungan. ”Generasi mu menunggu kedatanganmu di Tanah Air (Papua).”
Ingat bahwa DAMPAK BURUK dari ketidak pedulianmu adalah Anak Cucumu.

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

.:: Kawan, Tinggalkan PESAN dulu! ::.

Delete this element to display blogger navbar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Powered by Blogger