OTAK GENERASI BANGSA PAPUA BARAT

Oleh: Wayai Deto*)




PENGERTIAN TENTANG OTAK


Otak adalah organ badan yang paling utama yang penempatannya di dalam tengkorak. Otak dapat di bagi menjadi tiga bagian utama yaitu: Otak bagian depan, Otak tengah dan Otak belakang. Bagian yang depan adalah ferobrain, yang meliputi cuping pencium (pusat penciuman), dan belahan otak (tempat kecerdasan).Otak tengah meliputi cuping yang berhubungan dengan mata yang merupakan pusat penglihatan.

Otak belakang adalah bagian bokong, yang meliputi otak besar (pusat koordinasi), medulla oblongata (pusat tindakan tanpa disengaja).medulla oblongata dilanjutkan hingga mengenai tulang belakang. Fungsi otak adalah tatap muka, melihat, penciuman, mencicipi, berjalan , berpikir ingatan, mengingat kembali, dan lain-lain. Syaraf menghubungkan otak ke berbeda bagian-bagian dari badan.

Apa yang kita rasakan, kita lihat atau dengar dibawa ke sensasi oleh syaraf otak sebagai pesan.
Penerima pesan, mereaksikan badan kearah perubahan yang diputuskan oleh otak, melalui syaraf pesan dikirim kembali keorgan badan untuk suatu tindakan.


BAGAIMANA CARANYA OTAK MENGENDALIKAN TIDUR


Otak dan spinal yang mengenai tulang belakang dan membentuk suatu pusat proses ke sistem syaraf.
Batang otak, yang menghubungkan otak dengan spinal dan mengenai tulang belakang, meliputi bagian otak belakang. Pusat tidur terletak di otak bersumber.

Penerima informasi, melewati jalan yang sama dengan kulit otak, yang menentukan apakah kita tertidur atau terjaga.sakit dan sensasi fisik lainnya juga pemikiran yang khawatir membuat tidur kita terjaga.

Pikiran yang tenang, penuh kehangatan, sifat yang membosankan, meminum alkohol dan tidur dengan meminum pil tidur akan mempengaruhi tidur. Perubahan otak ketika kita mengantuk, tidur akan isegarkan ketika kita terjaga.


APAKAH OTAK PERNAH BERISTIRAHAT ?


Otak adalah bagian terpenting dari badan. Yang memerintahsemua tindakan badan seperti tatap muka, melihat, mencium, berpikir, merasakan, dan lain-lain. Syaraf menghubungkan otak ke berbeda bagian-bagian dari badan.

Apa yang kita rasakan, kita lihat, atau dengar di bawa ke sensasi oleh syaraf otak sebagai pesan. Penerima pesan, mereaksik ke badan dan mengarah ke suatu tindakan dan diputuskan oleh otak juga.

Pesan di kirim kembali melalui syaraf keorgan badan untuk tindakan kesadaran adalah salah satu fungsi otak paling utama.

Sejak semula tanmpa orang ketahuai, bahkan ketika orang sedang tidur, otak terus mengendalikan organ ke badan yang penting seperti denyut jantung dan lainnya. Otak itu tidak pernah beristirahat.


CARA KERJA OTAK

Otak merupakan pengendali utama dari tubuh manusia, otak terbungkus dalam tengkorak kepala dan dilindungi oleh cairan serebospinal. Cairan ini yang berfungsi untuk melindungi otak dari berbagai gangguan baik getaran maupun benturan di kepala.

Dengan otak yang di berikan oleh yang maha kuasa kita bisa berpikir, bersosialisasi, berkomonikasi dan mengingat segala sesuatu kejadian yang telah kamu lewati.

Otak manusia lebih besar dibandingkan dengan otak hewan, beratnya kira-kira 1,4 kg dan terdiri dari 100 milyar sel saraf.
Otak terdiri atas beberapa bagian utama seperti serebrum, serebelum dan batang otak. Serebrum merupakan bagian terbesar dari otak. Beratnya sekitar 85% dari berat otak, serebrum terbagi atas dua hemisfer. Batang otak menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakan.

Cara kerja otak manusia.

Otak bekerja sama dengan organ tubuh kita lainnya sehingga tubuh kita bisa bekerja sesuai perintahnya. Otak dan Sum-sum tulang belakang membentuk sistem syaraf pusat, kedua sistem ini bekerja sama untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan tubuh.

Saat anda berpikir keras cerebrum (hemisfer) berfungsi untuk mengingatnya, menganalisa, sehingga muncul ide-ide kreatif (hemisfer kanan). Untuk logika dan bicara di gunakan hemisfer kiri.

Batang otak berfungsi untuk kebutuhan-kebutuhan dasar dari organ tubuh seperti mengatur denyut jantung, bernapas, sistem pencernaan, sirkulasi darah dan merasakan kapan kita terbangun maupun tertidur.

Anatomi Otak Manusia


Batang otak terletak di bagian bawah otak berfungsi untuk sistem kendali tubuh seperti bernapas, denyut jantung, tidur dan tekanan darah.
Serebelum merupakan bagian kedua terbesar yang berfungsi untuk mengkoordinasi pergerakan otot dan mengontrol keseimbangan.

Serebrum adalah bagian terbesar dari otak yang berfungsi untuk berpikir, berbicara, mengingat, menerima sensor dan pergerakan. serebrum di bagi atas empat bagian yang masing-masing mempunyai tugas khusus.
Frontal lobe terletak di belakang kepala berfungsi untuk berpikir, belajar, emosi dan pergerakan.

Occipital lobe berfungsi untuk memproses objek atau untuk penglihatan
Pariental lobe terletak di bagian atas otak yang berfungsi untuk merasakan sensai pada tubuh seperti sentuhan, temperatur dan rasa sakit.

Temporal lobe berfungsi untuk memproses suara yang masuk dan juga daya ingat.
Left hemisphere (hemisfer kiri) atau lebih di kenal dengan otak kiri berfungsi untuk berhitung, analisa dan bahasa.
Right hemisphere (otak kanan) berfungsi untuk menghailkan pikiran-pikiran kreatif.


PENYEBAB HAMBATNYA OTAK GENERASI BANGSA PAPUA BARAT


Generasi Bangsa Papua Barat (PB) dengan kurangnya perhatian dari lokal (Daerah masing-masing) dan tidak ada perhatian dari Pusat, membuat generasi penerus bangsa PB menikmati dengan apa adanya tentang apa saja yang mereka (kami) alami.

Berbicara mengenai kekurangan di Tanah Papua Barat (PB) yang membuat anak bangsa “Melanesia” terlambat dalam: Pendidikan, Kurangnya penanganan kesehatan secara modern (di Rumah Sakit), Kurangnya kepercayaan atas hal-hal misterius/mustahil yang terjadi dalam hidup ini, Masih sangat sulit untuk membuka suatu usaha.

Padahal, jika kita lihat di Kampung-kampung PB, Pesisir dan Pegunungan. Mereka itu sampai saat ini masih mengenakan pakaian “partai-partai.” Seperti: Golkar, Demokrat, PDIP, dan lain-lain.

Hal itu membuat Generasi Bangsa PB masih menagih janji-janji palsu yang dilontarkan oleh para Penguasa Lokal maupun Pusat. Dengan kekurangan yang kami miliki, itulah yang kami buat. Demi menghidupi kebutuhan kami (berkembangnya kami).

Salah satu contoh nyata di Kampung Taiyai, Mamberamo Raya - PB yang ditayangkan pada tanggal 07 Februari 2010, tepat pukul 10.30 WI di channel TVone. Menggambarkan, PB masih sangat membutuhkan perhatian.

“Kami ini bagaikan, ‘semut yang mati di hamburan gula manis, Tikus yang mati kelaparan di atas beras, Kucing yang mati kelaparan di atas ikan goreng, dan lain-lain’.”

Tetapi, hal ini membuktikan bahwa Indonesia sangat amat tidak cocok dengan bangsa PB. Jadi, solusinya LEPASKAN PAPUA BARAT dari ikatan NKRI. Yang PASTI, nanti juga akan terlepas sendiri.

RAS MELANESIA tidak akan seiring-sejalan dengan RAS MELAYU. Itu bagaikan kucing dan tikus. Kucing menggambarkan Indonesia dan Tikus menggambarkan Papua Barat. Yang mana, pergerakan Tikus dipersempit dengan pengincaran Kucing. Karena, demi kekuasaan atas segala-galanya.

Pantas, kami tertinggal, walaupun kami (Bangsa Melanesia) yang pertama melihat matahari. Yang mana merupakan awal bangun tidur dan awal melakukan aktifitas. Namun, tetinggal dan ditinggal. Karena, yang diperhatikan adalah kekayaan Alam di Tanah PB BUKAN manusianya.

Setiap pergerakan anak bangsa PB yang mengangkat harga dirinya di lawan dengan HUKUM. Seperti: Pornographi, Makar, dan yang sedang ada dalam bentuk strategi. Seperti: Otonomi Khusus yang sangat tidak jelas, Pemekaran daerah yang tidak bersyarat.

Dan pastinya ada lagi, yang disusun RI untuk melawan Setiap pergerakan anak bangsa PB yang mengangkat harga dirinya. Sehingga Budaya kita semakin lumpuh, pergerakan kita sempit, dan rasanya putus asa.
Tetapi, harus diketahui bahwa kami generasi bangsa PB, “perjuangan tanpa batas, berjuang sampai menang.” HARGA MATI…!


PEMAHAMAN TENTANG OTAK GENERASI BANGSA PAPUA BARAT

Salah satu Profesor yang sangat mengakui otaknya generasi bangsa PB adalah Prof. Yohanes Surya PhD, lebih akrab dipanggil Pak Yo / Prof. Yo.
Ia mengatakan, “Otak anak-anak bangsa PB itu masih KOSONG.” Dalam arti kita bisa isi sesuai yang kita mau. Sehingga, Ia memilih anak-anak PB untuk siap dilatih.

Anak-Anak Papua yang Digembleng Matematika dan IPA di Surya Institute

Si Bodoh Melejit Jadi Kontestan Olimpiade

Tak ada anak Indonesia yang bodoh. Itulah yang diyakini pendiri Surya Institute Prof Yohanes Surya PhD. Berbekal keyakinan tersebut, dia merekrut 27 anak Papua secara acak untuk digembleng di lembaga yang dipimpinnya. Kini, setelah sepuluh bulan, sebagian di antara mereka siap diterjunkan dalam ajang olimpiade. (sumb: jawa pos dan www.yohanessurya .com)

Hal ini membuktikan bahwa Bangsa PB juga bisa. Dan Otak yang KOSONG kita bisa isi dengan apa? Itu disesuaikan dengan apa yang kita lakukan.

Kalau belajar terus-menerus secara bertahap, maka itu pula yang terisi. Jadi, OTAKNYA GENERASI BANGSA PB siap dipakai. Demi kemajuan Tanah PB.

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

.:: Kawan, Tinggalkan PESAN dulu! ::.

Delete this element to display blogger navbar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Powered by Blogger