HIV / AIDS HARUS DIPERHATIKAN DARI KAMPUNG-KAMPUNG KE KOTA

Oleh: wayai Deto*)


Kabupaten Kerom, Distrik Arso Timur (Desa Wembi)

Sabtu (11/04-09) pukul 12.00 WP, Tim Kesehatan mengadakan pengobatan masal (pengobatan tiba-tiba) di Distrik Arso Timur tepatnya di Desa Wembi.

Tim Kesehatan menempati Balai Desa dengan mengatas namakan utusan Rumah Sakit Kabupaten Kerom.

“Dari tahun-ke tahun biasa diadakan kegiatan ini dari Tim Kesehatan,” kata seorang warga Desa Wembi. Tetapi, banyak warga yang tidak suka. Karena, Tim Kesehatan ini tiba-tiba apalagi di tahun 2009 ini tabrakan dengan Perayaan Paska.

Gambar di atas ini adalah gambar Balai Desa yang digunakan oleh Tim Kesehatan itu. Di gambar terlihat jelas bahwa proses pengobatan sedang berlangsung.

Jenis pengobatan yang dilakukan sesuai dengan jenis sakit masig-masing. Tetapi, semua pasien (dari Desa Wembi) harus disuntik dan ini harus diselidiki. Karena, suntik yang digunakan HANYA satu suntik.

“Ini bisa dikatakan bahwa Tim Kesehatan ini berasal dari Tim-tim khusus yang dipake Indonesia (Pusat) untuk membasmi Rakyat Papua lewat HIV/AIDS.” Kata seorang dokter dari Kabupaten Kerom yang berinisial Mar S.

Tim Kesehatan ini berkeliling di Desa-Desa yang berada di Kabupaten Kerom dan Koya. Ini sangat disayangkan bagi Tong pu Rakyat asli Papua yang berada di Desa-desa terpencil. Karena, kegiatan ini SUDAH dan SEDANG berlangsung dengan jenis pengobatan yang sama.

Ditahun-tahun mendatang Rakyat Papua akan punah (habis) oleh berbagai macam target yang dibuat oleh NKRI. Salah satunya adalah penyebaran HIV/AIDS yang kita lihat setiap tahun MENINGKAT pada Rakyat Papua asli.

Pesan Penulis, “Sebelum Tim Kesehatan itu masuk di tong pu daerah-daerah yang terpencil, tong HARUS telusuri (cari tahu) dulu. Kemudian, tong lihat dong pu cara-cara.”
…………….MARI KO & SA HARUS SAMA-SAMA BERBICARA………….

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

.:: Kawan, Tinggalkan PESAN dulu! ::.

Delete this element to display blogger navbar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Powered by Blogger