Arti Bola Bulat

Mengapa Bola Itu Bulat?

Oleh: Wayai deto*)

Siapa bilang bola itu loncong? Siapa yang bilang bola itu cekung atau lengkung? Mana ada bola loncong, tidak ada. Di seluruh dunia, dimana-mana, kalau dibilang bola, pasti saja bentuknya bulat.

Bola itu tidak akan bulat, kalau bola itu kempes, pecah atau ditindis. Dalam ruangan ini, kita hanya bicara bola sepak dan bola billiard.

Bola sepak dan bola billiard sama-sama bulat tetapi terdapat banyak perbedaan. Bola sepak ukurannya besar, sedangkan bola billiard ukurannya kecil. Dalam permainan, bola sepak dimainkan oleh 22 orang, bola billiard dimainkan oleh 2 orang bergiliran, tetapi jumlah bolanya 15 buah.

Bola sepak dimainkan dilapangan terbuka, sedangkan billiard dimainkan diatas meja dalam ruangan tertutup.
Disini yang ingin dibicarakan ialah, mengapa bola itu bulat? ini pertanyaan penting yang perlu dipahami oleh penggemar sepakbola dan pebilliard dimana saja berada.

Mengapa bola itu bulat?

Pertama, kalau bola itu tidak bulat, maka bola akan lari miring atau pincang. Oleh sebab itu, agar bola bergerak sesuai keinginan si penendang atau penyodok, maka bola harus bulat. Bulatnya bola ini menimbulkan keadilan, sportifitas, tidak memihak sebelah atau fair play.

Kedua, kebulatan bola ini mengajak setiap atlit billiard maupun sepakbola untuk tunduk kepadanya. Mengapa? Karena bola itu tidak memihak siapa-siapa. Walaupun dia seorang pemain terkenal, dijagokan, diandalkan, disebut-sebut. Tetapi dihadapan bola, semua sama. Itulah arti mengapa bola itu bulat.

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

.:: Kawan, Tinggalkan PESAN dulu! ::.

Delete this element to display blogger navbar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Powered by Blogger