KENAPA SETIAP TAHUN HIV dan AIDS TERUS MENINGKAT DI TANAH PAPUA?

Oleh: Waiyai Deto*)


Sebelum melangkah lebih jauh, tulisan ini buat kita semua yang sudah mengetahui tentang HIV & AIDS. Namun, BELUM memahaminya.


Dan sadar-tidak sadar kita itu sedang diserang dari berbagai dimensi: Ekonomi, Sosial, Budaya,
Pendidikan, Kesehatan, dan Militerisme oleh Penjajah (Indonesia lau-lau) agar kita (Manusia Papua) punah dari tanah leluhurnya. Ini semua dibingkai oleh OTSUS yang TIDAK SAH/JELAS. Justru dengan adanya OTSUS membuat INDONESIA LAU-LAU / PARA PENGUASA lebih mudah untuk masuk.


Tulisan ini mengajak kita untuk menyadarkan diri kita. Karena, kita tidak bisa menghentikannya langsung dari sumbernya. Kita memulai dari diri kita, baru kita keluar.

Dari sumber yang didapat (data source: CDC MOH Province Papua AIDS Surveilance Report,
march 31th 2008), 31 Maret 2008 didata “3955 jiwa” yang terjangkit HIV dan AIDS. HIV = 2182 dan AIDS = 1773.
Dan ini setiap tahun meningkat, data untuk 2009:" Data Dinas Kesehatan Provinsi Papua triwulan pertama per Maret 2009, jumlah kasus HIV-AIDS di Papua ada 4.745 kasus. HIV sebanyak 2.469 kasus dan AIDS sebanyak 2.276 kasus. Epidemi HIV-AIDS di Papua menyebar dalam populasi umum atau generalized epidemi dan lebih dari 90 persen penularannya melalui hubungan seks. Terus, bagi penduduk yang berusia 15-49 tahun, prevalensi HIV di Papua mencapai 2,4 persen."


Bayangkan saja, kalau ini terus-menerus terjadi. Jumlah Jiwa yang mendiami Tanah Papua persentasenya jumlah penduduk yang hanya 2,5 juta jiwa.


Bahkan di tahun 2009, sesuai dengan data terakhir, Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) mencapai 6.245 orang dengan rincian, di Provinsi Papua ada 4.745 orang dan Papua Barat ada 1.500 orang. Hal ini dikatakan Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua, Costant Karma ke wartawan di Jayapura, Rabu (2/12) siang. (sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/12/02/brk,20091202-211469,id.html).


Kawan-kawan, itu baru dari sisi KESEHATAN belum yang lainnya. Kalau masalah ingin seks itu semua manusia itu pasti mengingini, dari data psikologi yang didapat. Sekarang, yang kita pikirkan adalah ADA APA DIBALIK INI? Apakah melalui makanan, apakah melalui minuman, apakah melalui permen, apakah melalui alat-alat mandi, apakah melalui pakaian yang saya pake,
apakah melalui lingkungan, ataukah…… apa ya? Mari kita sama-sama berpikir! Ada apa dibalik ini?


Kawan-kawan, “SEKS ADALAH GELAR YANG PASTI DIDAPAT SETIAP MANUSIA (Kecuali Mereka Yang Terpanggil Menjadi Hamba Tuhan/PAUS, USKUP, PASTOR, BIARAWAN/TI, DLL), MANUSIA PASTI TAHU PENGGUNAAN JARUM SUNTIK YANG TEPAT. LALU, APA dan SIAPA DIBALIK INI?” Mari kita cari tahu bersama! Karena, jalur ini sangat-sangat membahayakan kita sebagai manusia papua.


Informasi Dasar HIV & AIDS Virus HIV dan AIDS
HIV & AIDS dapat menyerang siapa pun yang melakukan perilaku yang dapat memungkinkan terjadinya pertukaran cairan tubuh (mani, cairan vagina, darah). Dengan demikian HIV & AIDS
bukan hanya menginfeksi golongan tertentu, melainkan semua orang termasuk Anda dan Saya apabila kita melakukan perilaku yang berisiko.


1. Apa Itu HIV?
HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang dan membunuh sel darah putih di dalam tubuh manusia. Fungsi dari sel darah putih untuk membantu menangkal / melawan infeksi kuman yang menyerang masuk ke tubuh manusia. Masa inkubasi infeksi HIV rata-rata 5-6 tahun, selama masa ini gejala-gejala tidak akan terlihat.
Virus AIDS menyerang sistem kekebalan: Virus HIV, Sel darah putih, Virus melakukan kontak dengan reseptor, Virus masuk ke dalam sel darah putih sesuai dengan reseptor, Gen Virus masuk ke dalam inti sel dan menjadi bagian dari gen induk se,l Virus menjadi aktif, dan m
embiak dalam sel darah putih dan akan menyerang sel lain limfosit, ikut menentukan kelembaman system imunitas.


2. Apa Itu AIDS?
AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala penyakit yang menyerang tubuh sesudah system kekebalannya dirusak oleh HIV yang bersifat fatal karena terjadi kerusakan progresif pada system kekebalan tubuh manusia. AIDS terjadi setelah infeksi HIV berproses menjadi lanjut sehingga menghancurkan sistem kekebalan tubuhnya.


3. Cara Penularan HIV
Seperti yang kita ketahui bahwa HIV menular melalui: Darah yang mengandung HIV,
Hubungan seks yang tidak aman / beresiko dengan orang terinfeksi HIV, Jarum suntik, alat tusuk lain (akupuntur/tusuk jarum, tato, alat-alat kedokteran lain) bekas pakai yang terinfeksi HIV, dan Ibu hamil yang mengidap HIV kepada janin yang di kandungan (terjadi penularan pada janin saat kehamilan, kelahiran, dan menyusui.


4. Cara Pencegahan Penularan HIV
Kita bisa memahami Cara Penularan HIV, maka kita juga bisa untuk mencegahnya. Namun, kalau hanya sekedar tahu saja, maka kita akan terperangkap. HIV & AIDS tidak dapat disembuhkan, akan tetapi dapat dicegah Untuk mencegah terinfeksi HIV ada beberapa pilihan perilaku yang dapat dilakukan:

A = (Abstinentia) = Puasa seks, anda jauhi hubungan seks diluar nikah,
B = (Be faithful) = Baku setia pada pasangan yang sah (istri / suami),
C = (Condom) = Cegah dengan kondom. Namun, penggunaannya secara tepat,
D = (Drugs) = Jangan menggunakan jarum suntik yang tidak steril untuk menyuntik NAPZA, steroid, vitamin, mentato, dan narkoba.


5. Perkembangan Dari HIV Menjadi AIDS
Kronologi perjalanan: Tertular HIV (1 s/d 3 bulan – 6 bulan), HIV+ (3-10 Tahun), Pembesaran kelenjar limfe (lebih dari 1 bulan), AIDS (ketika sel darah putih dibawah 200/mikroliver).


6. Hal-Hal Yang Perlu Kita Lakukan
a. Jangan Malu bertanya dan Berkonsultasi,
b. Datanglah ke layanan VCT (konseling dan tes sukarela),
c. Jangan kucilkan ODHA (Diskriminasi), dan
d. Jangan ingin agar teman/keluarga di sebelahmu juga harus terinfeksi.


Kawan-kawan, “SEKS ADALAH GELAR YANG PASTI DIDAPAT SETIAP MANUSIA, MANUSIA PASTI TAHU PENGGUNAAN JARUM SUNTIK YANG TEPAT. LALU, APA dan SIAPA DIBALIK INI?” Mari kita cari tahu bersama! Karena, jalur ini sangat-sangat membahayakan kita sebagai manusia papua.


MARI KITA CARI TAHU, APA SUMBERNYA DAN SIAPA FIGURNYA. YANG SETIAP TAHUNNYA HIV dan AIDS MENINGKAT DI TANAH PAPUA!!!

(sumber foto: http://www.google.co.id/images?hl=id&q=data%20hiv%2Faids%20di%20papua&um=1&ie=UTF-8&source=og&sa=N&tab=wi)

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

.:: Kawan, Tinggalkan PESAN dulu! ::.

Delete this element to display blogger navbar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Powered by Blogger