AKSI DEMONTRASI SOLIDARITAS UNTUK PAPUA, "MEMPERINGATI MATINYA HAM DI PAPUA."

SOLIDARITAS UNTUK PAPUA (SUP)

(IPR-Y, FMN, IBY, AMP, GANNJA)


Rabu (19/10-11) Pukul 19:00 WJ di Bundaran UGM, dimulainya Aksi Solidaritas Untuk Papua mengenang “Matinya HAM di Tanah Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dilanjutkan dengan duka atas beberapa masyarakat sipil dan Karyawan PT. Freeport McMoran yang disambut oleh amunisi dari pelatuk POLRI.”

Foto saat mulai, depan Bundaran UGM

LATAR BELAKANG
Penerapan politik upah murah yang dijalankan oleh rezim SBY-Boediono dapat kita lihat ketika ribuan buruh PT. Freeport Indonesia yang melakukan mogok kerja untuk menuntut adanya perbaikan upah dan kesejahteraan buruh PT. Freeport Indonesia. Aksi mogok kerja hampir 8000 buruh PT. Freeport yang sudah berlangsung sejak 15 September hingga 15 Oktober. Gaji buruh PT. Freeport Indonesia merupakan terendah jika dibandingkan dengan PT. Freeport di negara-negara lainnya.

Pada tahun 2006, PT. Freeport McMoran membayar pekerja di Amerika Utara sebesar $ 10,70 per jam, di South Amerika sebesar $ 10,10 per jam. Tetapi, d Indonesia itu hanya $ 0,98 per jam. Pada tahun 2010, pembayaran upah telah mencapai rata-rata $ 66,43 per jam. Sedangkan, di Indonesia itu hanya $ 4,42-$ 7,356 per jam. (berbagai sumber)

Senin (10/10-11) kemarin, buruh dan masyarakat sekitar PT. Freeport yang melakukan aksi mogok kerja dan melakukan protes kepada pihak management PT. Freeport McMoran yang melakukan Hiring of the employees (mempekerjakan karyawan) baru dari luar daerah untuk menggantikan buruh yang sedang melakukan pemogokan. PT. Freeport McMoran hanya memikirkan nasib Perusahan, nasib kantongnya, dan nasib kinerja terhadap Negara-negara adhi kuasa lainnya, di saat buruh sedang diberlakukan tidak adil.

Saat pemogokkan berlangsung, karyawan beserta masyarat sekitar bergiliran menyampaikan pendapat, di saat itulah HAM di Papua mati total. Karena, karyawan beserta masyarat sekitar di sambut oleh amunisi dari pelatuk POLRI. Sangat disayangkan negeri Indonesia ini, negeri yang berbackground hukum ini. Dan sampai saat ini, tidak ada penindak lanjutan dari kasus HAM berat ini. Karena, melalui via-telpon untuk sementara seorang ditembak mati pada bagian dada, dua orang ditembak dengan peluru karet dan luka berat, dan beberapa orang dipukul sampai mengeluarkan darah yang membanjiri tubuh.

Kebebasan Rakyat Papua untuk menyampaikan pendapat dijamin oleh Preamble (mukadimah) UU 1945. UU No. 09 Tahun 1998, Deklarasi universal Hak-hak asasi manusia dan deklarasi hak-hak-hak masyarakat adat tahun 2007. Namun, kebebasan ini disambut oleh Amunisi dari Pelatuknya POLRI. Sudah banyak korban di atas derita Rakyat Papua khususnya bagi karyawan PT. Freeport Indonesia dan masyarakat sekitar.

Namun, pemerintah reaksioner pimpinan SBY-Boediono melakukan pembusukan atas kasus penembakan dengan menyalahkan buruh PT. Freeport Indonesia yang telah membakar satu unit mobil dan ban duntruck. Padahal, peristiwa pelanggaran HAM terhadap buruh PT. Freeport Indonesia lebih dahulu terjadi sebelum peristiwa pembakaran mobil dan ban duntruck.

Dari latar belakang ini, maka kami Solidaritas Untuk Papua (SUP) menyatakan sikap, “mengecam sikap abai Pemerintah yang melakukan pembiaran atas kasus yang dialami oleh Buruh Freeport dan Masyarakat Papua, mengutuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh POLRI yang mengakibatkan meninggalnya Buruh Freeport dan korban luka lainnya. Kami menyatakan secara penuh atas perjuangan Buruh Freeport dan Masyarakat Papua.”

Untuk itu, pernyataan sikap kami (SUP):
1.Menghentikan Kekerasan Terhadap Rakyat Papua!
2.Usut Tuntas Pelaku Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)!
3.Hentikan Diskriminasi dalam Pengupahan PT. Freeport!
4.SBY-Boediono HARUS Bertanggung Jawab Terhadap Kasus Penembakan di Papua!
5.Hentikan Perampasan Tanah di Papua untuk Tambang!


KRONOLOGIS SINGKAT
Rabu (19/10-11) Pukul 19:00 WJ di Bundaran UGM, dimulainya Aksi 1000 lilin. Yang mana menandakan bahwa matinya HAM dan duka atas beberapa masyarakat sipil dan Karyawan PT. Freeport McMoran yang disambut oleh amunisi dari pelatuk POLRI.


Di mulai dengan penyalahan Obor, dilanjuti Orasi dari berbagai perwakilan organ-organ pro rakyat dan perwakilan dari tujuh suku yang ada di Pegunungan tengah. Kemudian Korlap arahkan massa masih dalam satu komando untuk membentuk lingkaran besar. Masih dalam lingkaran itu, massa mengisinya dengan Nyanyian kaum tertindas, Puisi, Orasi, dan Tarian ala Puncak Jaya/Papua. Setelah berlangsung, massa menyalahkan 1000 lilin dan membentuk lingkaran menyesuaikan lingkaran UGM itu.

Foto saat pembacaan tuntutan pernyataan sikap, oleh Roy Karoba selaku Ketua AMP-Yogyakarta

Massa dari berbagai perwakilan; tujuh suku dan Organ-organ pro rakyat menaiki panggung bundaran UGM dan membacakan pernyataan sikap yang dipandu oleh ketua AMP-Yogyakarta, Roy Karoba, “mengecam sikap abai Pemerintah yang melakukan pembiaran atas kasus yang dialami oleh Buruh Freeport dan Masyarakat Papua, mengutuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh POLRI yang mengakibatkan meninggalnya Buruh Freeport dan korban luka lainnya. Kami menyatakan secara penuh atas perjuangan Buruh Freeport dan Masyarakat Papua.
Untuk itu, pernyataan sikap kami (SUP):
1.Menghentikan Kekerasan Terhadap Rakyat Papua!
2.Usut Tuntas Pelaku Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)!
3.Hentikan Diskriminasi dalam Pengupahan PT. Freeport!
4.SBY-Boediono HARUS Bertanggung Jawab Terhadap Kasus Penembakan di Papua!
5.Hentikan Perampasan Tanah di Papua untuk Tambang!”

Dan dilanjuti dengan penandatanganan. Untuk penandatanganannya, ada tiga spanduk. Dua spanduk untuk dikirim ke PT. Freeport sebagai tuntutan Mahasiswa di Se-Jawa dan Bali, khususnya di Yogyakarta agar segera menyikapi pernyataan sikap yang sudah dibacakan/ditulis dalam Latar Belakang di atas, di Paragraf akhir. Dan satu spanduk untuk pegangan bagi Mahasiswa Papua, Organ-organ Pro-Rakyat.

Setelah penandatangan, maka selesailah rangkaian Aksi SUP, 1000 lilin dengan sukses. Massa pun meninggalkan tempat dan pulang ke tempat masing-masing. (Waiyai Dogopia)


Foto saat Orasi


Foto saat nyanyian rakyat


Foto saat Puisi tangisan


Foto saat tarian ala Puncak Jaya/Papua


Foto saat berdiri menyesuaikan bundaran UGM


Spanduk berslogan, "STOP PELANGGARAN HAM DI PAPUA dan HENTIKAN KEKERASAN DI PAPUA." Ini akan dikirim ke PT. Freeport setelah dicoreti tandatangan

comment 1 komentar:

Angelo Vecchione on November 05, 2011 mengatakan...

www.versolanuovacreazione.it
Sebuah pengantar yang berbakti
Pembaca tersayang,
Pesan Yesus mendiktekan kepada saya, ini Hari dan yang akan diterbitkan dalam bulan ke depan, pasti menelusuri jalan Menuju peristiwa Menunggu kita. Oleh karena itu, aku merasa aku harus tugas untuk menulis pengantar ini, untuk membantu Anda memasukkan lebih dalam ke dalam subjek Anda akan membaca.
Sampai hari ini saya berbagi dengan Anda wahyu dari Allah Aku Diterima. Dalam buku pertama saya, luar Great Barrier Itu berakhir dengan bab 15 Berjudul "New Creation," The berlimpah disajikan kepada Anda pesan sentral dari wahyu yang diterima, Itu Adalah: rekapitulasi semua hal dalam Kristus di surga dan di bumi. Saya mencoba untuk membawa Anda ke peristiwa itu harus dilakukan dengan bumi dan alam semesta. Hari-hari ini, Yesus berkata bahwa Dia ingin dalam bulan ke depan untuk mempersiapkan kita untuk menghadapi Peristiwa Menunggu kita dalam waktu dekat.
Seperti bagaimana-to-face acara? Bahwa aku Percaya tahun ini, melalui banyak saya Diterima Penjelasan Disampaikan kepada Anda dan saya, kami Memperoleh anugerah pemahaman interior mempersiapkan kita untuk berjalan yang memasuki pikiran Kristus dan untuk Memahami Misteri Allah dan kehidupan, untuk tinggi dan mengubah kita ke titik Menjadi Makhluk Baru. Saya berbicara kepada Anda tentang hal ini berjalan spiritual dalam khusus dalam Sejarah Menulis buku Anew - Vol 1 Dalam Pikiran Allah. Selanjutnya, Anda Telah disertai dengan pesan-pesan dipublikasikan di situs ini setiap bulan; Pesan-pesan ini terus dan memperkenalkan kami Mereka, lebih dan lebih, ke tahap serius persiapan dan pengambilan keputusan.
Saya tidak bisa berkomentar ON INI pesan. Yesus sendiri dan Roh Kudus-Nya akan menjelaskan kepada Anda dalam hati Anda Mereka. Jawaban diharapkan dari Anda untuk Memahami kata-kata yang Anda akan membaca. Akhirnya, terserah kepada kita masing-masing berkomitmen untuk Diri Kita Sendiri, untuk Bumi dan seluruh alam semesta, aku tahu Bahwa janji-janji Allah Mei Jadilah Realisasi.

---------------------------------------------------www.versolanuovacreazione.it

Poskan Komentar

.:: Kawan, Tinggalkan PESAN dulu! ::.

Delete this element to display blogger navbar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Powered by Blogger