1 SURAT UNTUK PARA PEMIKIR KEPENTINGAN PRIBADI

Oleh: Ogeeyoka DT *)



(Sumber Foto: http://goesprih.blogspot.com/2011/02/download-naskah-drama-monolog.html)

Tulisan ini adalah surat untuk para pemikir kepentingan pribadi. Sekaligus sebagai pengingat, buat kita semua. Maksud dan tujuannya adalah agar kita semua bisa mengantisipasi kedepan dan menjadikan hidup ini milik ”bersama”. Penulis juga memohon maaf jika tulisan ini membuat pembaca; tersinggung, depresif, dan membuat pembaca terganggu. Mohon maaf juga apabila tulisan ini tidak sesuai dengan aturan jurnalis, aturan penulisan (EYD) dan kata-kata nya tidak teratur/tidak sesuai.

Sifat dari tulisan ini adalah membangun. Jadi, kritik dan saran penulis terima apa pun itu.

Saat itu, sewaktu masih di asuh oleh ibuku sampai pada bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) saya dibentuk / diarahkan oleh orang tua saya untuk menjadi seorang yang nantinya membahagiakan orang tua. Saat itu, saya hanya bisa; menangis, mendengar, melanggar, dan belajar. Yang mana, hanya bisa diarahkan.

Dan saya hanya ada pada keadaan itu, terbentuk sesuai dengan keadaan saat itu. Saat di Bangku Sekolah Menengah Atas/Umum (SMA/U) saya baru mulai sadar bahwa realita ini sedang berkolaborasi antara depan layar dan belakang layar.

Untuk menjadi orang yang baik dihadapan orang tua adalah berkelakuan baik dan berjalan di jalan yang benar. Kita tahu bahwa Orang tua adalah wakil dari Allah Tritunggal. Jadi, apa yang kita lakukan positif maupun negatif telah, sedang, dan akan dipertanggung jawabkan di akhirat. Karena, hidup ini hanya sekali di Bumi bertopeng ini. Jadi, saya pastinya ikuti yang sifatnya, “depan layar,” jikalau sifatnya “belakang layar” apa yang harus saya katakan ke Tuhan nanti, saat ajalku tiba.

Saat saya masih diasuh ibuku sampai pada SMP, saya diajarkan memilih jalan yang benar dan berkelakuan baik. Jadi, tidak salah kalau saat ini saya pun demikian.

“selagi masih bernafas, masih bisa makan walaupun sehari se-kali, dan masih bisa saling menyapa, Apa yang seharusnya kita perbuat…?” itulah kata yang keluar dari Bapa saya, pertanyaan yang bermakna membuat saya menjadi lebih tenang dan semangat dalam hidup yang penuh dengan teka-teki ini.

Teringat akan sebuah film, “Tokoh Besar” di mana saat Yohanes Pemandi, anak dari Marta, sedang mempermandikan penduduk Nasaret satu per satu. Saat itu munculah para prajurit-prajurit pengumut/penagih pajak dan hendak memeras salah seorang fakir miskin. “hai kau ular beludak,” kata Yohanes. Yohanes menghampiri mereka dan berdebatlah mereka di sana.

Yohanes Pemandi memberikan pencerahan agar tingkah laku mereka segera diubah. ”Jika engkau memunyai dua buah baju, berikanlah satu ke yang tidak punya” Kata Yohanes Pemandi. “Cukupkanlah dirimu dengan gajimu,” Tambahannya sambil menuju Sungai Yordan, yang mana dipakai untuk permandian penduduk nasaret saat itu.

Memang seharusnya demikian dalam hidup ini namun, faktanya tidak demikian. Seperti pada tulisan sebelumnya, “Rupiah Membunuh Jiwa Kemanusiaan Ku (http://wayai-deto.blogspot.com/2011/06/rupiah-membunuh-jiwa-kemanusiaan-ku.html).” Semua permasalah, persoalan biasa yang menjadi otaknya adalah “para pemikir kepentingan,” merekalah akar/sumbernya.

Perebutan jabatan, persaingan yang tidak sehat, egois, dan kawan-kawannya adalah karena memikirkan nilai rupiah, memikirkan kepentingan pribadi yang sifatny sesaat saja. Dampak dari ini semua ada pada anak dan cucu mereka serta masyarakat yang tidak tahu apa-apa menjadi korban.

Kehidupan ini dinamis, berubah-ubah, tidak selalu konstan. Kehidupan ini penuh teka-teki, penuh pertanyaan. Kehidupan ini perlu pikir, perlu barnafas, perlu makan. Kehidupan ini sebenarnya menjadikan kita sebagai manusia yang jujur, adil, penuh damai. Kehidupan ini sempurnah bila seiring dengan cinta, kasih, sayang, pemerhati, penuh damai.

Namun, kehidupan ini tidak membutuhkan nilai rupiah. Kehidupan ini tidak mengajarkan mementingkan pribadi, kehidupan ini malah mengejarkan kita untuk melawan, ”KEPENTINGAN PRIBADI.” Karena, pada umumnya hal ini dapat mengorbankan banyak orang termasuk anak dan cucu mu.

”...Kehidupan yang sedang kamu jalani saat ini adalah kehidupan yang kamu jalani kemarin. Dan kehidupan yang akan kamu jalani besok adalah kehidupan yang sedang kamu jalani saat ini. Jadi, baik maupun tidak baik kehidupan kamu ada ditangan kamu dan biarkan semua itu terjadi menurut kehendak-NYA...” – Ogeeyoka DT –
Read more

0 RUPIAH MEMBUNUH JIWA KEMANUSIAAN KU

Oleh: Ogeeyoka DT *)



(Sumber Foto: http://industri.kontan.co.id/v2/read/industri/10716/Rupiah-Memimpin-Penguatan-Mata-Uang-Asia)


Sebelumnya penulis (pemula) akan menguraikan, apa itu: Rupiah, Membunuh, Jiwa, dan kemanusiaan secara umum. Dan pada paragraf akhir akan diisi dengan kesimpulan. Yang mungkin mempermudah pembaca untuk melihatnya. Dan sebenarnya kita semua sudah mengetahuinya, namun penulis hanya ingin mengingatkannya.

Perkataan “rupiah” berasal dari perkataan “Rupee”, satuan mata uang India. Indonesia telah menggunakan mata uang Gulden Belanda dari tahun 1610 hingga 1817. Setelah tahun 1817, dikenalkan mata uang Gulden Hindia Belanda. Mata uang rupiah pertama kali diperkenalkan secara resmi pada waktu Pendudukan Jepang sewaktu Perang Dunia ke-2, dengan nama rupiah Hindia Belanda. Setelah berakhirnya perang, Bank Jawa (Javaans Bank, selanjutnya menjadi Bank Indonesia) memperkenalkan mata uang rupiah jawa sebagai pengganti. Mata uang gulden NICA yang dibuat oleh Sekutu dan beberapa mata uang yang dicetak kumpulan gerilya juga berlaku pada masa itu. Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan Rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru. Kepulauan Riau dan Irian Barat memiliki variasi rupiah mereka sendiri tetapi penggunaan mereka dibubarkan pada tahun 1964 di Riau dan 1974 di Irian Barat.

Seperti yang kita ketahui bahwa rupiah adalah mata uang dari Negara Indonesia. Sebagai bangsa yang dijajahnya yaitu WEST PAPUA dituntut untuk wajib menggunakannya. Dimulai dari nilai satu sen rupiah dan berakhir pada seratus ribu rupiah. “Trada rupiah trada hidup,” kata mereka yang duduk dikursi empukh dan mereka yang mementingkan diri sendiri. Rupiah adalah benda mati yang tak tentu. Namun, memunyai nilai yang membuat rupiah bisa berada pada siapa saja sesuai dengan kebutuhannya saat itu dan besok.

Apa itu Membunuh? Seperti yang kita ketahui bersama membunuh adalah menghentikan (mematikan) atau mempertidak berdayakan sesuatu maupun seseorang. Hanya saja membunuh itu bahasa bakunya, bahasa sehari-hari yang sudah tidak lasim lagi buat kita ucapkan. Banyak sekali istilah membunuh itu yang diikutkan denga kata benda, seperti: Membunuh orang, membunuh karakteristik, membunuh binatang, membunuh TV, membunuh Bola (biasanya memakai kata ”mematikan”), Dan masih banyak lagi. Namun, di sini terlihat bahwa membunuh ini terbagi atas tiga bagian; Membunuh yang bersifat benda hidup, membunuh yang bersifat benda mati, dan membunuh yang bersifat kejiwaan (kebatinan). Maksud dari tulisan ini adalah ”Membunuh yang bersifat kejiwaan.” Yang mana, tidak sebagai manusiawi yang mengabaikan nilai kebersamaan dan mengorbankan orang lain.

Jiwa adalah sesuatu yang menghidupkan, sehingga seseorang itu bisa berdiri tegar tanpa ada keraguan apapun. Banyak contoh yang menggunakan kata ”jiwa,” seperti: Berjiwa besar, Jiwa kemanusiaan, jiwa pengorbanan, dan yang lainnya. Yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah Jiwa Kemanusiaan. ”Hidup mu tergantung pada Jiwa Kemanusiaan mu,” kata Nelson Mandela.

Kemanusiaan adalah bersifat manusia. Kenapa itu bisa ada? Karena, Manusia diciptakan secitra, serupa, segambar dengan Yang Maha Kuasa. Jadi, segala sesuatu yang bermuara kebaikan adalah Manusia, seperti yang diinginkan Yang Maha Kuasa.

Hal yang paling membahayakan adalah saat-saat darurat (mendadak) yang saat itu rupiah sedang tidak berada di tempat. Sejumlah rencana pun pasti datang menghampiri, baik itu buruk mau pun baik. Apabila saat itu kesempatannya bersifat kebersamaan dan kamu memanfaatkan momen itu untuk berapa persen rupiah kamu kantongi, di saat itu lah kamu membunuh jiwa kemanusiaan mu. Karena, secara tidak langsung saat itu kamu sedang bertarung antara sifat buruk dan jiwa kemanusiaan mu. Apabila saat itu kesempatan yang datang bersifat individu (pribadi mu), memang pantas kamu kantongi rupiah itu. Karena, itu milik mu.

Rupiah Membunuh Jiwa Kemanusiaan ku, yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa mengontrol diri mu di saat-saat darurat itu. “Trada rupiah trada hidup,” kata mereka yang duduk dikursi empukh dan mereka yang mementingkan diri sendiri. ”Kalau masih bisa bernafas, masih bisa melihat sesama, dan masih bisa makan (walaupun, sehari sekali). Ya, itulah hidup yang sesungguhnya,” kata anak jalanan dan keluarga yang sederhana. Acuannya adalah manusia hidup untuk meninggal dan meninggal itu pasti ada disetiap manusia. Jadi, apa yang harus saya persiapkan sebelum malaikat maut datang menjemput saya? Pertanyaan buat kita semua, agar menjadi pedoman untuk hidup lebih baik. Saya sebagai penulis pemula, sedang mencobanya. Walaupun, berat pasti bisa bersama Sang Juru Slamat. Karena, yang diinginkannya adalah Kebenaran, Keadailan, dan Kebaikan yang mana semua itu dirangkup dalam, ”KEMANUSIAAN.”
Read more

1 SEMAKIN “RUSAK”

Oleh: Rusak DT *)




Rusak hidup ini semakin membengkak, serasa hidup ini trada artinya. Karena, rusak akan hidup ini berasal dari ko. Ko selalu temani sa pu hidup. Kehadiran ko saat itu menentukan hidup sa. Kalau ko hadir sebagai bisa yang melenyapkan semangat hidup ini, biarkan sa untuk bangkit perlahan-lahan. Dan memang benar kehadiran ko adalah rusaknya sa.

Kalo ko masih bisa bersenyum, senyumlah sepuas-puas mungkin. Kalo ko bahagia bersama dia, nikmatilah kebahagiaan itu. Karena, kehidupan ini berjalan secara pasangan. Ada terang pasti ada gelap, ada pria pasti ada wanita, ada senyum pasti ada tangis, ada bahagia pasti ada duka, dan yang lainnya. Namun, hidup ini memang harus demikan demi kesempurnaan hidup. Seperti; Ada makanan pasti ada minuman, ada baju pasti ada celana, ada bolpen pasti ada tinta, dan yang lainnya. Ini membuat segala sesuatu menjadi sempurnah. Karena, saling melengkapi satu sama yang lainnya.

Sakit ini selalu ada di saat-saat sepi, di saat-saat dimana sa mengingat ko kasih. Sa yang selalu membanggakan ko, sa yang selalu berharap akan ko pu cinta. Namun, sayang ko hanya hadir sebagai sa pu masa lalu. Ko hanya menebar racun dalam sa pu hidup, pahit empedu terasa menyebar mengikuti sel-sel darah, dan sa pu luka lama ini infeksi. Dan untuk itu saya butuh ketenangan, menyendiri, dan berdiam yang mungkin bisa mengobati luka ini.

Biarkan sa dengan sa pu cara, ini demi menghilangkan ko pu bayangan. Trada yang memalang sa, trada yang boleh memeleh sa, dan trada yang boleh mengomentari sa. Karena, apa pun yang sa lakukan adalah demi menghilangkan ko pu bayangan dan yang terpenting sa free.

Dalam kehidupan ini pasti ada pertemua dan juga pasti ada perpisahan. Dan yang mengindahkannya adalah prosesnya. Sa hanya menyesal bisa kenal ko saat itu, bukan sa sesalkan perpisahan ini. Karena, hidup ini memang demikian. Mungkin ko anggap biasa saja, namun sesungguhnya ini membunuh jiwa yang semangat. Semoga ko biasa-biasa saja dan tong tra sejejak.

Sa rela biarkan ko pergi bersama dia. Karena, bersamanya ko bisa tertawa, bersenyum, dan ko bisa bahagia. Biarkan sa berteman dengan tangis, duka, dan rusaknya hidup ini. Dan sa minta maaf juga, selama ini sa tra bisa berbuat apa-apa untuk ko sehingga membuat ko berpaling ke yang lain. Sa hanya berusaha bersama ko untuk melihat kehidupan yang sebenarnya, saat itu. Namun, sayang semuanya su berakhir.
Read more

1 MENCOBA BERPIKIR UNTUK "PERSIPURA PAPUA," DI SELA-SELA PENANTIAN WEST PAPUA

DUA JEMPOL UNTUK AFRIKA SELATAN

Oleh: Ogeeyoka DT


(Sumber foto: http://archive.kaskus.us/thread/4283486/40)

“ Banyak orang bersikap skeptis ketika Afrika Selatan diumumkan sebagai tuan rumah World Cup FIFA 2010. Terlepas dari kekayaan sejarah dan indahnya pemandangan di sana, negeri itu terkoyak oleh kemiskinan dan angka kejahatan yang tinggi. Bisakah World Cup menyatuhkan kembali masyarakatnya dan mengubah situasi di Afrika Selatan?” Oleh Tom Lim (http://tomlim.com/).

Salah satu masalah terbesar di Afrika Selatan adalah kejahatan (http://www.eryevolutions.co.cc/2010/06/siapkah-afrika-selatan-hadapi-teror.html, http://y3hoo.nice-topic.com/t2367-seribu-kejahatan-piala-dunia-dilakukan-di-afsel).
Banyak emigran dari Afrika Selatan mengatakan bahwa kejahatan adalah faktor besar yang menyebabkan mereka pergi meninggalkan negara itu. Tingkat pembunuhan, kekerasan, dan pemerkosaan di negara itu tinggi sekali dibandingkan dengan banyak negara.

Karena keamanan menjadi kekhawatiran bagi masyarakat dunia yang berkunjung ke Afrika Selatan selama Juni, pemerintah Afrika Selatan mulai membuat rencana keamanan dan keselamatan untuk memastikan pertandingan-pertandingan itu berjalan tanpa masalah di luar lapangan.


(Sumber foto: http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2010/05/100518_southafricadanger.shtml)

Selain bekerja sama dengan badan-badan internasional untuk mengumpulkan data intelijen, akan ada fokus pada keamanan garis batas negara di pelabuhan-pelabuhan masuk (http://www.aseannewsnetwork.com/Port_Elizabeth.html) termasuk batas darat, laut, dan udara Afrika Selatan. Jalan-jalan yang biasa dilalui dari bandar udara ke kota-kota juga akan menjadi perhatian keamanan yang lebih ketat (http://wayai-deto.blogspot.com/2011/06/afrika-selatan.html).

Polisi Afrika Selatan juga akan membagi kota-kota tuan rumah menjadi wilayah-wilayah, dengan tim-tim yang berpatroli di setiap wilayah dan memfokuskan perhatian mereka pada markas besar FIFA, hotel (http://www.goal.com/id-ID/news/1369/piala-dunia/2010/03/06/1820003/panduan-piala-dunia-2010-inilah-32-hotel-tim-peserta), tempat akomodasi lainnya, stadion, taman-taman hiburan, restoran dan tempat-tempat yang sering dikunjungi turis. Secara keseluruhan, sekitar 41.000 polisi akan bertugas untuk tujuan ini.

Untuk pertama kalinya, teknologi militer demi informasi dan komunikasi, akan diadakan untuk World Cup. Kendaraan patroli dan peralatan pengendali keramaian juga akan diadakan untuk melengkapi pasukan kemanan jika diperlukan. Empat pusat komando bergerak akan diadakan selama event ini. Setiap pusat komando itu akan dilengkapi dengan peralatan monitor berteknologi tinggi.

Namun, harus dikatakan bahwa tingkat kejahatan di Afrika Selatan telah dilebih-lebihkan, menakut-nakuti para pelancong yang melakukan perjalanan ke negeri itu selama World Cup. Mayoritas orang asing di Afrika Selatan telah mengemukakan kepuasan mereka atas keamanan di Negara ini dan harus mengakui bahwa mereka akan kembali lagi berkunjung. Pernyataan-pernyataan seperti ini akan menyenangkan bagi bagi Pemerintah Afrika Selatan dan masyarakatnya akan mencoba sebaik mungkin untuk menjadikan World Cup ini sukses.

Pada 2009, Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Konfederasi FIFA sebagai gladiresik untuk World Cup. Dari data yang di dapat, lebih dari 8.000 polisi ditempatkan di tempat-tempat pertandingan, bandar udara, dan hotel-hotel untuk keamanan para penggemar sepak bola lokal dan yang berkunjung. Situasi saat itu cukup terkendali dan menjadi turnamen yang luar biasa. ”Sejauh yang menjadi perhatian keamanan, semuanya berjala sesuai rencana,” kata juru bicara kepolisian nasional, Senior Superintendent Vishnu Naidoo. ”Kami bekerja sangat, sangat dekat sekali dengan berbagai departemen pemerintahan, dengan pasukan keamanan nasional Afrika, pengawas lalu lintas, kepolisian metro, dan semua departemen pemerintahan yang merupakan bagian dari struktur operasional bersama nasional” tambahannya.

Semua pihak percaya diri bahwa segala tindakan keamanan telah dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada pengunjung yang akan menemui masalah. ”Kami sangat yakin bahwa Piala Konfederasi akan menjadi sangat aman dan juga untuk World Cup ini sendiri akan sangat aman,” kata Rich Mkhondo, Kepala Juru Bicara Media untuk Komite Pelaksana Lokal FIFA.
”Kami memiliki sekitar 12.000 petugas keamanan yang bertugas selama Piala Konfederasi. Segalanya sudah siap ketika dibutuhkan. Penonton, pengunjung, dan tim-tim akan selalu aman,” tambahannya.

Meskipun sudah mengambil semua langkah pencegahan, satu berita yang berbeda terjadi di Angola selama turnamen African Cup of Nations 2010.
Dalam satu kejadian yang digambarkan sebagai ”kecelakaan tertutup,” bis yang mengangkut tim Togo ditembak oleh komplotan bersenjata, membunuh sopirnya dan melukai dua orang pemain. Ternyata tim tersebut melakukan perjalanan lewat darat , bukannya terbang ke Angola Melewati daerah kelompok ekstrimis tersebut saja sudah cukup sial, apalagi menjadi sasaran tembakan.

Insiden tersebut dengan cepat menyebarkan keraguan terhadap tingkat keamanan selama World Cup. Namun, Afrika Selatan dan Angola adalah dua negara yang berbeda.

Fungsionaris sepak bola internasional, dari mulai ketua FIFA Sepp Blatter sampai pejabat di bawahnya telah menawarkan jaminan bahwa penembakan di Angola itu tidak berarti bahwa World Cup nanti akan tidak menjadi tidak aman. ”Tindakan yang diambil untuk piala Afrika tidak bisa dibandingkan dengan World Cup, yang direncanakan bertahun-tahun sebelumnya,” kata penasihat World Cup dari Jerman, Horst R. Schmidt, kepada koran Frankfurter Rundschau. (http://id.wikipedia.org/wiki/Frankfurter_Rundschau).

Meski demikian, kecelakaan itu telah membuat keadaan semakin tak menentu bagi beberapa negara Eropa yang maju ke Afrika Selatan musim panas ini. Tentu saja,saat tim-tim itu akan dijaga, siapa yang akan memastikan bahwa kejadian seperti itu tidak akan terjadi lagi?

Namun, satu mantan bintang World Cup menyatakan Afrika Selatan sudah siap untuk menjadi tuan rumah final di musim panas ini. Hristo Stoichkov, bintang Barcelona dan Bulgaria, sangat mengagumi Afrika Selatan – tempat yang sudah dianggapnya sebagai rumah selama delapan bulan terakhir ini.

Stoichkov pergi ke Afrika Selatan menjadi pelatih di Mamelodi Sundowns. Tetapi, mundur setelah gagal meraih gelar liga. Namun, ia melontarkan pujian kepada negara ini ”Saya sudah tinggal di Afrika Selatan selama berbulan-bulan sekarang. Ini adalah negeri yang indah. Di sini nyaman. Saya suka itu, ”kata Stoichkov.

”Blatter sudah berjuang keras untuk Afrika agar diberi kesempatan menjadi tuan rumah World Cup, dan saya pikir dia benar. Sekarang ini terserah kepada Afrika Selatan dan masyarakat Afrika untuk membalas kepercayaan dengan menjadi tuan rumah World Cup yang sukses. Melihat infrastruktur di sini, saya yakin mereka tidak akan kecewa. Afrika Selatan akan lulus dari ujian ini.”
Dengan pendapat dari Stoichkov ini, Afrika Selatan tampaknya siap untuk mengadakan turnamen terbesar dikehidupan mereka ini – World Cup FIFA 2010.

” Semua pihak percaya diri bahwa semua tindakan keamanan telah dilakukan untuk memastikan tidak ada pengunjung yang akan menemui masalah.” – Football weekly World Cup Preview –

(Sumber: Kompas/Sport 09 Juni 2010, Football weekly World Cup Preview, Google)
Read more

0 AFRIKA SELATAN

BENUA AFRIKA
by Search DT


(Sumber foto: http://www.africaheritagerivonia.com/?p=158)

I. Kondisi Umum Benua Afrika.
Benua Afrika adalah benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Berdasarkan kepadatan penduduknya, benua Afrika menempati urutan ketiga setelah Asia dan Eropa. Benua Afrika juga disebut dengan julukan Benua Hitam, karena mayoritas penduduknya berkulit hitam.

A. Luas Wilayah Benua Afrika.
Luas benua Afrika kurang lebih 30.295.000 km2.

B. Letak Astronomis Benua Afrika.
Benua Afrika terletak antara 380 LU-350 LS dan 170 BB-510 BT.

C. Letak Geografis Benua Afrika.
Menurut letak geografisnya benua Afrika terletak antara Samudera Hindia dan Samudera Atlantik.

D. Batas-batas wilayah Benua Afrika.
Batas-batas benua Afrika adalah sebagai berikut:
1. Utara : Laut Tengah.
2. Timur : Laut Merah dan Samudera Hindia.
3. Selatan : Samudera Hindia dan Samudera Atlantik.
4. Barat : Samudera Atlantik.

E. Bentang Alam Benua Afrika.
Daerah Afrika terdiri dari Pegunungan tinggi, Gurun, Lembah, dan daerah depresi. Pegunungan di selatan dan timur, lebih tinggi dari pegunungan yang ada di utara dan barat. Gunung tertinggi adalah G. Kilimanjaro (6.010 m) yang terletak di Tanzania. Di Afrika utara terdapat gurun Sahara, yang merupakan gurun terluas di bumi. Sungai yang terdapat di Afrika antara lain adalah sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di bumi (6.690 km). Di Afrika terdapat beberapa danau yang besar antara lain danau Victoria, danau Tanganyika, dan danau Malawi.

F. Iklim di Benua Afrika.
Secara umum iklim di Afrika dapat dibagi menjadi beberapa wilayah:
1. Daerah beriklim tropis. Meliputi Afrika tengah dekat Khatulistiwa.
2. Daerah beriklim Sub Tropis. Ada di ujung utara dan selatan Afrika.
3. Daerah beriklim darat atau gurun. Ada di Afrika utara bagian tengah.

G. Flora dan Fauna.
Tumbuhan-tumbuhan di Afrika dapat dikelompokan menjadi tumbuhan dataran tinggi, hutan hujan tropis, dan padang rumput. Beberapa tumbuhan khas Afrika antara lain Papirus, Akasia, dan Kurma. jenis hewan yang ada di Afrika antara lain gajah, kera ekor panjang, zebra, burung kaswari, dan sebagainya.


H. Keadaan Penduduk di Benua Afrika.
Pada tahun 1998, penduduk Afrika berjumlah kurang lebih 763.000.000 jiwa. Mayoritas penduduk Afrika adalah bangsa Negro. Bangsa Negro di Afrika dapat dikelompokan menjadi dua golongan yaitu Negro Sudan, yang kulitnya lebih gelap dan Negro Bantu, yang kulitnya lebih terang dari Negro Sudan. Bahasa pemersatu di Benua Afrika adalah bahasa Swahili, sedangkan bahasa lain yang persebarannya lebih luas adalah bahasa Arab.

I. Kegiatan Ekonomi Penduduk di Benua Afrika.
Kegiatan ekonomi di Afrika antara lain adalah pertanian, pertambangan, dan perindustrian.

II. Beberapa Negara di Kawasan Benua Afrika.

A. Mesir.
Negara Mesir disebut juga Arab Republic Of Egypt. Mesir termasuk dalam wilayah Afrika Utara, dengan ibukotanya Kairo.

1. Luas wilayah : 1.100.449 km2.
2. Letak astronomis : 220 LU-310 LU dan 250 BT-360 BT.
3. Letak geografis : di benua Afrika bagian utara, antara laut tengah dan laut merah.
4. Batas-batas : utara adalah Laut Tengah. Timur adalah Laut Merah. Selatan adalah Sudan. Barat adalah Libya.
5. Bentang alam : Keadaan alam Mesir dapat dibagi menjadi 4 bagian.
a. Gurun Libya atau gurun Barat.
b. Lembah dan delta sungai Nil.
c. Gurun Arab.
d. Semenanjung Sinai.
6. Iklim : Sub Tropis pada bagian utara, dan gurun pada bagian tengah.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduk Mesir 65.500.000 jiwa. Kepadatan penduduk 59 Jiwa per km2. Angka pertumbuhannya 2,4% per tahun. Sebagian besar penduduk Mesir tinggal di lembah sungai Nil dan kota-kota seperti Kairo, Iskandariah, dan Giza. Bangsa Mesir terdiri dari bangsa Arab, Nubia, dan Hamid. Bangsa aslinya adalah bangsa Kopta.
8. Bentuk pemerintahan : Republik Arab Mesir yang dipimpin oleh seorang Presiden.
9. Bahasa : Bahasa Arab, bahasa lainnya adalah bahasa Inggris.
10. Agama : Mayoritas Islam, sisanya Kristen.
11. Kegiatan ekonomi : pertanian, perkebunan, peternakan, pertambangan, perindustrian, dan perdagangan.
12. Kebudayaan : Kebudayaan Mesir dikenal tinggi sejak jaman purba, peninggalannya antara lain Piramida, Sphink, Obelix,dan Helio Grif.

13. Kerjasama Mesir dengan Indonesia : Kerjasamanya antara lain.
a. Bidang politik. Bentuk kerjasamanya antara lain.
- Indonesia dengan Mesir telah lama menjalin hubungan Diplomatik.
- Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia, dan banyak membantu dalam perang kemerdekaan.
- Keduanya menjadi pemprakarsa terbentuknya Gerakan Non Blok.
- Mesir ikut hadir dalam KAA di Bandung.


b. Bidang ekonomi. Keduanya menjalin hubungan dagang.
- Eksport Indonesia antara lain teh, kayu lapis, ban, sepatu, kertas, dan sarung batik.
- Import Indonesia antara lain kapas, benang tenun, pupuk, bumbu masak, aluminium, baja, bahan kimia, alkohol, dan plastik.

c. Bidang sosial budaya. Banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir, yaitu Universitas Al-Azhar di Kairo.

B. Republik Demokrasi Kongo.
Republik Demokrasi Kongo, dahulu dikenal dengan nama Zaire. Negara ini terletak di Afrika tengah yang tepat berada di jantung Benua Afrika. Dahulunya negara ini di jajah oleh Belgia. Setelah merdeka pada tahun 1960, negara ini bernama Republik Demokrasi Kongo yang beribukota di Kinshasa.

1. Luas wilayah : 2.345.909 km2.
2. Letak astronomis : 50 LU-120 LS dan 110 BT-310 BT.
3. Letak geografis : Terletak di bagian tengah benua Afrika.
4. Batas-batas : utara adalah Republik Afrika Tengah dan Sudan. Timur adalah Uganda, Ruwanda, Tanzania, dan Burundi. Selatan adalah Angola dan Zambia. Barat adalah Angola dan Samudera Atlantik.
5. Bentang alam : Republik Demokrasi Kongo berada di aliran sungai Zaire dan anak sungainya (4.666 m) yang mempunyai banyak air terjun yang sangat baik untuk PLTA. Proyek PLTA yang berada di dekat Kinshasa adalah PLTA terbesar di Bumi. Di sebelah barat adalah daerah pantai sempit yang di apit oleh Angola dan Republik Kongo. Di sebelah timur ada beberapa danau seperti D. Tanganyika, D. Kifu, dan D. Albert. Di antara D. Edward dan D. Albert terdapat G. Rowenzori (5.120 m). Jenis tumbuhannya adalah hutan hujan tropis yang semakin ke selatan menjadi Sabana.
6. Iklim : Tropis.
7. Keadaan Penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya 49.000.000 Jiwa. Pertumbuhan penduduknya 3,2%, dan kepadatannya 17 jiwa/km2. Sebagian besar penduduknya terdiri dari suku Bantu 40%, dan sisanya adalah suku Luba, Mongo, Kongo,DLL. Suku aslinya adalah suku Pygmy.
8. Bentuk pemerintahaan : Republik, yang dipimpin oleh seorang Presiden sebagai kepala Negara dan pemerintahan.
9. Bahasa : Perancis (resmi) dan Bahasa Bantu.
10. Agama :Katholik, Protestan, Islam, dan Animisme.
11. Kegiatan ekonomi : pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan perindustrian.
12. Kebudayaan : Kebudayaan Rep. Demokrasi Kongo masih tertinggal daripada negara-negara di Afrika utara, untuk itu pemerintah mengusahakan gerakan wajib belajar untuk rakyatnya.

13. Bentuk kerjasama Rep. Demokrasi Kongo dengan Indonesia :
a. Kedua Negara telah lama menjalin hubungan diplomatik.
b. Indonesia telah banyak membantu Rep. Demokrasi Kongo dalam pada awal kemerdekaannya.
c. Melalui PBB Indonesia mengirimkan pasukan Garuda II dan III, untuk menertibkan keamanan semasa perang saudara.
d. Kedua negara bekerjasama dalam forum GNB.
e. Keduanya saling mengadakan kunjungan antar kepala negara.


C. Kenya.
Nama Kenya berasal dari gunung yang paling tinggi dan terkenal di Kenya, yakni G. Kenya (5.216 m). G. Kenya merupakan gunung tertinggi ke-II setelah G. Kilimanjaro. Ibukota Kenya adalah Nairobi.

1. Luas wilayah : 582.644KM2.
2. Letak astronomis : 50 LU-50 LS dan 340 BT-450 BT.
3. Letak geografis : di Afrika timur dan di Pantai timur Afrika.
4. Batas-batas : Utara adalah Etiopia dan Sudan, Timur adalah Rep. Somalia dan Samudera Hindia, Selatan adalah Tanzania, dan Barat adalah Uganda.
5. Bentang alam : Dapat dibagi menjadi empat.
a. Sabuk pesisir. Merupakan pantai pasir putih.
b. Tanah tinggi. Yang terletak di barat daya Kenya.
c. Lembah celah besar. Di sini terdapat banyak danau.
d. Belukar. Yang berada sejauh 32 km dari pantai yang membentang ke utara dan barat. Yang biasanya digunakan untuk suaka margasatwa.

Sungai utama di Kenya adalah Sungai Tana dan Atik yang mengalir ke timur menuju Samudera Hindia. Vegetasi pada daerah pantai adalah hutan hujan tropis, dan sabana pada daerah pedalaman yang sedikit curah hujan. Jenis faunanya antara lain Gajah, Kuda nil, dll.
6. Iklim : Pada umumnya adalah Tropis.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya 28.300.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 3,7% dan kepadatannya adalah 48 jiwa/km2. Sebagian besar adalah orang Negro, yaitu suku bangsa Kikuyu dan Bantu. Penyebaran penduduknya tidak merata, yang paling padat adalah kota Nairobi dan Mombasa.
8. Bentuk pemerintahan : Republik, yang dipimpin oleh seorang Presiden.
9. Bahasa : Swahili (resmi), yang lainnya adalah bahasa Inggris.
10. Agama : Agama tradisional, Islam, dan Kristen.
11. Kegiatan ekonomi : pertanian, peternakan, pertambangan, dan perindustrian.
12. Kebudayaan : Kebudayaan Kenya masih jauh tertinggal dengan negara-negara di Afrika utara dan barat. Untuk mengatasinya, pemerintah mengembangkan sektor pendidikan dengan menerapkan wajib belajar.

13. Bentuk kerjasama Kenya dengan Indonesia :
a. Keduanya menjalin hubungan diplomatik.
b. Kedua kepala negara saling mengadakan kunjungan untuk menjalin kerjasama di berbagai bidang.
c. Keduanya bekerjasama dalam forum GNB.

D. Nigeria.
Nama resmi Nigeria adalah Federal Republic Of Nigeria. Nigeria merupakan negara terbesar di pantai Afrika Barat. Nigeria beribukota di Lagos.

1. Luas wilayah : 923.768.000KM2.
2. Letak astronomis : 40 LU-120 LU dan 30 BT-150 BT.
3. Letak geografis : Terletak di wilayah Afrika Barat.
4. Batas-batas : Utara adalah Niger, Timur adalah Kamerun dan Chad, Selatan adalah Teluk Guinea, dan Barat adalah Benin.
5. Bentang alam : Nigeria terbentang dari Rep. Niger di sebelah utara dan sampai ujung timur Teluk Guinea. Nigeria mempunyai garis pantai yang panjang dari Benin sampai Kamerun. Di Nigeria terdapat dua Teluk besar yaitu Teluk Benin dan Teluk Boni yang merupakan bagian dari Teluk Guinea. Di sekitar pantai daerahnya ditutupi rawa bakau. Di bagian utara merupakan dataran rendah yang tidak berpohon. Dataran yang agak tinggi terdapat di Nigeria bagian tengah dan timur. Puncak tertinggi terdapat di Nigeria bagian timur yaitu G. Pogel (2.042 m).
6. Iklim : Tropis.
7. Keadaan Penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya 121.800.000 jiwa. Pertumbuhannya 2,8% per tahun, dan kepadatannya adalah 132 jiwa/km2. Penduduk Nigeria terdiri dari berbagai suku diantaranya adalah suku Yoruba, Housa, Ibo, dan Pulani.
8. Bentuk Pemerintahan : Republik Federal, yang dipimpin oleh seorang Presiden.
9. Bahasa : Inggris (resmi).
10. Agama : Islam, Protestan, Katholik, Ajaran Tradisional, dll.
11. Kegiatan Ekonomi : pertanian, pertambangan, dan perindustrian.
12. Kebudayaan : Peradaban besar sudah ada di Nigeria sejah 500 tahun sebelum masehi. Yaitu dengan ditemukannya artevak patung-patung terrarosa, uang logam, dan perkakas tanah liat.
13. Bentuk kerjasama Nigeria dengan Indonesia :
a. Keduanya bekerjasama dalam bidang diplomatik.
b. Keduanya sama-sama menjadi anggota OPEC.
c. Keduanya bekerjasama dalam GNB.

E. Malagasi (Madagaskar).
Malagasi terletak di lepas pantai Afrika Tenggara. Wilayahnya berupa sebuah pulau besar yang merupakan pulau terbesar ke-IV di bumi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dahulu negara ini bernama Madagaskar. Malagasi beribukota di Antana Na Rivo.
1. Luas wilayah : 595.700KM2.
2. Letak astronomis : 120 LS-260 LS dan 430 BT-500 BT.
3. Letak geografis : Lepas pantai tenggara Afrika di samudera Hindia yang di pisahkan oleh selat Mozambik.
4. Batas-batas : Di sebelah Utara, Timur, dan Selatan adalah Samudera Hindia. Barat adalah Selat Mozambik.
5. Bentang alam : Daerah barat laut Malagasi merupakan daerah pertanian yang paling subur, karena tanahnya merupakan endapan sungai besar. Daerah utara merupakan daerah pegunungan tinggi. Daerah pesisir timur merupakan hutan belantara. Daerah tengah merupakan daerah Plato. Daerah selatan merupakan daerah setengah gurun. Bagian barat merupakan daerah lereng yang semakin melandai di dekat laut.
6. Iklim : Tropis yang panas serta kering.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya 14.000.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya sebesar 3,0% per tahun. Penduduk Malagasi terdiri dari berbagai macam suku, yang terbesar adalah suku Merina.
8. Bentuk pemerintahan : Republik, yang dipimpin oleh seorang Presiden. Nama resminya adalah Republik Demokrasi Malagasi.
9. Bahasa : Perancis (resmi), dan Malagasi.
10. Agama : Mayoritas Kristen, Katholik Roma, Protestan, dan Islam.
11. Kegiatan ekonomi : pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, dan perindustrian.
12. Kebudayaan : Masyarakat Malagasi merupakan terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Budaya Malagasi memiliki persamaan dengan budaya di Indonesia. Bahasa yang digunakan masih serumpun oleh bahasa Indonesia. Rumpun bahasanya adalah rumpun bahasa Astronesia. Ini disebabkan oleh perkiraan yang mengatakan bahwa lebih kurang 2000 tahun yang lalu orang dari kepulauan Pasifik selatan bermigrasi ke Malagasi.

13. Bentuk kerjasama Malagasi dengan Indonesia :
a. Bekerjasama dalam forum GNB.
b. Keduanya ikut serta dalam PBB.

F. Republik Afrika Selatan.
Afrika Selatan terletak di bagian selatan benua Afrika yang sering disebut Tanjung Harapan. Ibukota Afrika Selatan adalah Pretoria.
1. Luas wilayah : 1.134.100KM2.
2. Letak astronomis : 230 LS-350 LS dan 180 BT-330 BT.
3. Letak geografis : Ujung selatan Benua Afrika yang diapit oleh Samudera Atlantik dan Samudera Hindia.
4. Batas-batas : Utara adalah Namibia, Botswana, dan Zimbawe. Timur adalah Mozambik, Swezelan, dan Samudera Hindia. Seletan adalah Samudera Hindia. Barat adalah Samudera Atlantik.

5. Bentang alam : secara umum dapat dibagi tiga.
a. Dataran tinggi. Merupakan bagian mayoritas.
b. Tebing besar. Merupakan pemisah dataran tinggi dan pesisir. Titik tertinggi terdapat di Gunung Tabana Nagyana (3.482 m).
c. Kawasan Pesisir. Sepanjang pantai barat berupa gurun tetapi sepanjang pantai timur laut berupa daratan rendah yang luas.
6. Sungai utamanya adalah Sungai Oranye dan Limpopo.
7. Iklim : Secara umum beriklim sub tropis.
8. Keadaan penduduk : Pada tahun 2001, penduduknya berjumlah 43.600.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 1,2% per tahun, dan kepadatan penduduknya 38 jiwa perkm2. Penduduknya Mayoritas orang berkulit hitam yang terdiri dari orang Negro Bantu, Hotentot, dll. Sementara orang kulit putih hanya 21% yang terdiri dari orang Inggris, Belanda, Jerman, dan Perancis.
9. Bentuk pemerintahan : Republik, yang dipimpin oleh seorang Presiden. Nama resminya adalah Republic Of South Africa.
10. Bahasa : Africans, Inggris, dan Bantu.
11. Agama : Mayoritas Kristen, Islam, Hindu, dan agama kepercayaan setempat.
12. Kegiatan ekonomi : pertanian, peternakan, pertambangan, perdagangan, dan perindustrian.
13. Kebudayaan : Kebudayaan orang pribumi Rep. Afrika Selatan, masih tertinggal jauh dalam segala hal. Ini terbukti dengan masih banyaknya penduduk pribumi yang buta Aksara. Ini disebabkan karena adanya politik Apartheid . Politik ini dihapus pada tahun 1994 setelah Nelson Mandela menjadi Presiden orang kulit hitam pertama di Afrika Selatan.
14. Bentuk kerjasama Rep. Afrika Selatan dengan Indonesia :
a. Kedua negara sudah lama menjalin hubungan diplomatik.
b. Kedua kepala negara saling mengadakan kunjungan untuk mengadakan kerjasama di segala bidang.
c. Saling tukar menukar kebudayaan antar kedua negara.
d. Kedua negara aktif dalam gerakan GNB.
e. Hubungan ekonomi sedang dirintis.

(Berbagai sumber)
Read more

Delete this element to display blogger navbar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Powered by Blogger