PERSIPURA JAYAPURA (PAPUA BARAT) VS JEONBUK HYUNDAI MOTORS (KOREA SELATAN)

Oleh: Wayai Deto*)




Selasa, 23 Februari tepat Pukul 19.00 WI. AFC Champions League berlangsung, Persipura Jayapura (Papua Barat) Vs Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan) yang bermain di Gelora Bung Karno Jakarta, Indonesia berakhir dengan skor 1-4, Joenbuk Hyundai Motors unggul.

Di sini kami (saya) tidak membahas tentang jalannya pertandingan. Tetapi, saya membahas tentang penyebab kekalahan persipura jayapura (“Indonesia”).

A. External (Penyebab dari luar)

Penyebab dari luar (External) ini ada dua. Yaitu: Supporters dan Pers (Media Elektronik / penayangan pertandingan tersebut secara LIVE).
Yang akan bicara banyak di sini adalah tentang Supporter (pendukung / orang yang mendukung). Sedangkan siaran TV secara LIVE hanya garis besarnya.

1. Supporter (pendukung / orang yang mendukung).

Persipura Jayapura bermain atas nama Indonesia, supporters yang hadir hanyalah mahasiswa/I dan Pelajar Papua. Baik itu yang lahir besar Papua Barat maupun yang Asli Papua Barat (Anak-anak Papua Barat).
Kalau memang bermain atas nama Indonesia dan kandangnya adalah Gelora Bung Karno, mengapa supporters yang hadir hanya anak-anak Papua Barat?
“Bung, ini bermain atas nama Indonesia bung. Ini juga bukan Liga-liga Lokal seperti biasa, ini Liga Champions Asia bung,…”

a. Peran Supporters terhadap “Subjek”

Kita sudah tahu bahwa jika, adanya pendukung maka ada semangat / tidak kenal lelah.
Contohnya:
* Seorang penyanyi akan terus bernyanyi jika, ada pendukung / ada yang mendukung /
* Seorang pembalap, perenang, seniman, dan lain-lain (dll) juga demikian.

b. Jenis-jenis Supporter

berbicara mengenai supporter (pendukung) berarti berbicara juga mengenai jenis-jenis supporter.

~. Dukungan dari Tuhan
Pastinya setiap pemain, penyanyi, penyiar, dll meminta dukungan pada Tuhan, agar semua itu berjalan baik (Tertip) dibawa naungan Tuhan.

~. Dukungan dari Perusahaan dan PEMDA terkait
Dukungan ini biasa jika, “subjek” mewakili daerah yang dia/mereka tempati. Tetapi, untuk Perusahaan itu tergantung menejer yang terkait.

~. Dukungan dari Masyarakat setempat
Dukungan ini bisa disebut sama dengan dukungan di atas. Dan dukungan ini ada tiga pemahaman:
i. Memang karena atas nama Daerah,
ii. Memang karena Penggemar, dan
iii. Memang karena RAS (Sukuisme, keluargaisme, seagama, adanya orang dalam, dll).

Dukungan-dukungan ini yang biasa terjadi di setiap Jiwa Supporters. Yang biasanya Nampak di poin A/1/b/iii… yaitu, Memang karena RAS.
Jika, dipersenkan dibandingkan: Karena nama Daerah (15%), Penggemar (15%), dan RAS (70%).
Jadi, pertandingan seperti ini (Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena) yang mengatas namakan Indonesia itu “PERCUMA.”
Lebih baik bermain di Kandang masing-masing.


2. Penayangan secara LIVE

Siaran langsung kenapa tidak ada? Kalau dilihat, Liga-liga Lokal ada siaran LIVE-nya. Bung, Liga-liga lokal dan AFC Champions Asia mana yang terutama, mana yang paling penting yang membawa nama baik Negara Bertopeng ini?
Kalau kayak begini, kita semua sudah tahu. Dari Sabang sampe Amboina, Sorong sampe Merauke. Kita sudah bisa petik, makna dari ini semua.


B. INTEREN (Penyebab dari dalam)

Kalau memang Boaz cederah, Mengapa dimainkan babak I? Mengapa kk Edu keluar? Mengapa kk Jack Komboy main babak kedua, dan Mengapa pemain junior yang mengisi lapangan?
Jadi, jika Boaz dengan posisi cederah, jangan dimainkan babak I. Karena, pemain-pemain lawan masih FIT Staminanya. Harus dimainkan babak ke dua. Karena di saat-saat itu staminanya Jeonbuk pastinya sudah berkurang setengahnya.


Catatan:
"...Sebagai manusia kita tahu bahwa menang / kalah itu hal biasa. Tetapi, sebagai manusia juga kita HARUS tahu menang seperti apa dan kalah seperti apa? Karena, ini akan menjadi acuan kami khususnya RAS MELANESIA..."

PESAN: Agar ini bisa menjadi tolak, ukur / acuan bagi orang papua kedepan…!

BRAVO PERSIPURA……………. ^_^
BRAVO PERSIWA………………… ^_^ --> untuk PERSIWA sorry, sa tdk nonton sama sekali jadi......!
BRAVO PAPUA Ku……………!!!

comment 0 komentar:

Posting Komentar

.:: Kawan, Tinggalkan PESAN dulu! ::.

Delete this element to display blogger navbar

 
Powered by Blogger